Selamat Datang di Situs SMP Patria Dharma Selatpanjang - Kecamatan Tebing Tinggi - Kabupaten Kepulauan Meranti - Provinsi Riau

Rabu, 10 Agustus 2011

Mengenal Peralatan TIK


A. Apa Itu Teknologi Informasi dan Komunikasi ?

Kata “Teknologi Informasi” dan “Komunikasi”, mungkin sudah sering kita dengar, baik itu di televisi maupun dalam percakapan sehari-hari dengan teman-teman. Namun apakah arti dari kata-kata tersebut?
Teknologi, berasal dari bahasa Yunani yaitu dari kata “Teknos” dan “Logos”, Teknos memiliki arti sebuah peralatan yang membantu kegiatan manusia, dan Logos berarti ilmu yang mempelajarinya. Jadi “Teknologi” memiliki arti ilmu yang mempelajari tentang alat-alat. Dalam perkembangannya Teknologi menjadi memiliki arti lain yaitu suatu penemuan peralatan yang sengaja diciptakan untuk mempermudah pekerjaan manusia. Penemuan alat-alat sederhana seperti sandal, roda atau gunting kuku, itu juga termasuk sebagai teknologi. Semakin hari semakin banyak peralatan yang diciptakan manusia, hal ini dapat terjadi karena kemampuan daya pikir manusia yang semakin maju dan kebutuhan akan alat-alat yang semakin canggih untuk memecahkan permasalahan yang ada. Penciptaan alat-alat tersebut semakin mempermudah pekerjaan manusia sehingga manusia semakin dimanjakan dan malas.


Informasi, adalah data yang telah diolah sedemikian rupa sehingga dapat dimengerti oleh manusia sebagai pengguna (user). Data bisa berupa karakter (yaitu: angka-angka, huruf-huruf, tanda baca termasuk spasi, simbol-simbol), suara dan gambar.
Teknologi Informasi (Information Technology) atau IT, menurut lembaga Information Technology Association of America (ITAA), IT adalah Pengkajian, pendisainan, pengembangan, penerapan, pendukung atau pengelolaan komputer yang berbasis Sistem Informasi, yang mengacu pada perangkat lunak aplikasi (software) dan perangkat keras komputer (hardware). IT berhubungan dengan penggunaan komputer elektronik dan software komputer untuk menciptakan, menyajikan, mengubah, mengolah dan menyebarkan informasi, serta menghargai hasil karya orang lain.
Komunikasi, bisa diartikan dengan percakapan (tukar-menukar informasi) antara satu komputer dengan satu komputer lain atau lebih, yang terhubung dalam suatu jaringan. Untuk data yang menggunakan komputer, pengiriman data menggunakan sistem transmisi elektronik, biasanya disebut dengan istilah komunikasi data (data communication).

B.Berbagai Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Dewasa ini semakin banyak peralatan TIK yang dapat dikenali dengan mudah baik di rumah, sekolah, maupun di pusat keramaian umum, bahkan mungkin tanpa disadari peralatan yang kita gunakan sehari-hari pun merupakan peralatan TIK.

HANDPHONE
Telepon genggam seringnya disebut handphone (disingkat HP) atau disebut pula sebagai telepon selular (disingkat ponsel) adalah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon fixed line konvensional, namun dapat dibawa ke mana-mana (portabel, mobile) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel (nirkabel; wireless). Saat ini Indonesia mempunyai dua jaringan telepon nirkabel yaitu sistem GSM (Global System For Mobile Telecommunications) dan sistem CDMA (Code Division Multiple Access).
Selain berfungsi untuk melakukan dan menerima panggilan telepon, ponsel umumnya juga mempunyai fungsi pengiriman dan penerimaan pesan singkat (SMS, short message service). Mengikuti perkembangan teknologi digital, kini ponsel juga dilengkapi dengan berbagai pilihan fitur, seperti bisa menangkap siaran radio dan televisi, perangkat lunak pemutar audio (mp3 - Moving Picture Expert Group audio layer 3) dan video, kamera digital, game, dan layanan internet WAP (Wireless Aplication Protocol), GPRS (General Packet Radio Service), 3G (Third Generation). Ada pula penyedia jasa telepon genggam di beberapa negara yang menyediakan layanan 3G dengan menambahkan jasa videophone, sebagai alat pembayaran, maupun untuk televisi online di telepon genggam mereka. Sekarang, telepon genggam menjadi gadget yang multifungsi. Selain fitur-fitur tersebut, ponsel sekarang sudah ditanamkan fitur komputer. Jadi di ponsel tersebut, orang bisa mengubah fungsi ponsel tersebut menjadi mini komputerDi dunia bisnis, fitur ini sangat membantu bagi para pebisnis untuk melakukan semua pekerjaan di satu tempat dan membuat pekerjaan tersebut diselesaikan dalam waktu yang singkat.

DIGITAL CAMERA
Kamera digital adalah sebuah alat elektronik untuk menangkap gambar (atau video) yang sebelumnya disimpan pada pita film diganti dengan sensor elektronik sehingga data gambar yang dihasilkan tidak lagi berupa optis dan kimia, melainkan digital.

Pada 2005 kamera digital mulai menyingkirkan kamera film saku dari pasaran. Ukurannya yang kecil telah membuat kamera digital dapat dikombinasi dengan telepon genggam dan PDA. Kamera digital bisa memiliki banyak fungsi dan alat yang sama dapat menyimpan foto, gambar video, ataupun rekaman suara.

VCD / DVD PLAYER
DVD Player pertama kali diperkenalkan di Jepang pada November 1996, yaitu berupa perangkat yang dapat memutar piringan (disk) yang berisikan gambar film serta suara, perangkat ini memiliki menu-menu yang dapat diatur untuk menentukan jenis gambar dan suara yang diinginkan.
Berbeda dengan VCD (Video Compact Disc), DVD memiliki berbagai kelebihan, diantaranya gambar dan suara yang sangat jernih, Teknologi terakhir dari piringan (disk) adalah Blu-ray Disc.
DVD pada awalnya adalah singkatan dari Digital Video Disc, namun beberapa pihak ingin agar kepanjangannya diganti menjadi Digital Versatile Disc agar jelas bahwa format ini bukan hanya untuk video saja. Karena konsensus antara kedua pihak ini tidak dapat dicapai, sekarang nama resminya adalah "DVD" saja, dan huruf-huruf tersebut secara "resmi" bukan singkatan dari apapun.CAMCORDER
Camcorder adalah serangkaian perangkat perekam gambar bergerak yang dikembangkan dari handycam, dimana media penyimpanannya tidak lagi berupa pita kaset tetapi berupa hardisk atau CD, kapasitas media penyimpan datanya pun dapat ditingkatkan, sehingga dapat menyimpan gambar dengan durasi yang lama dengan kuallitas gambar yang bagus. Selain harddisk dan CD, terdapat juga socket untuk media penyimpanan MMC atau SD dan juga port USB.

PC POCKET / PDA (PERSONAL DATA ASSISTANT)
PDA adalah sebuah alat elektronik yang berbasis komputer dan berbentuk kecil serta dapat dibawa kemana-mana. PDA banyak digunakan sebagai pengorganisir data pribadi pada awalnya, tetapi karena perkembangannya, kemudian bertambah banyak fungsi kegunaannya, seperti kalkulator, penunjuk jam dan waktu, permainan komputer, pengakses internet, penerima dan pengirim surat elektronik (e-mail), penerima radio, perekam video, dan pencatat memo. Selain dari itu dengan PDA (komputer saku) ini, kita dapat menggunakan buku alamat dan menyimpan alamat, membaca e-book, menggunakan GPS (Global Positioning System) dan masih banyak lagi fungsi yang lain. Bahkan versi PDA yang lebih canggih dapat digunakan sebagai telepon genggam, akses internet, intranet, atau extranet lewat Wi-Fi atau Jaringan Wireless. Salah satu ciri khas PDA yang paling utama adalah fasilitas layar sentuh (Touch Screen).iPod, MP3 / MP4 Player
iPod adalah merek serangkaian perangkat pemutar media digital yang dirancang dan dijual oleh Apple Computer. Tony Fadell pertama kali mendapat ilham untuk membuat iPod di luar perusahaan Apple Computer: saat itu ia mengalami kesulitan mencari dana untuk membiayai perangkat Music Player (pemutar musik) yang ia ciptakan. Pada waktu ia menunjukkannya kepada Apple Computer, perusahaan tersebut menyewanya sebagai kontraktor Freelance untuk memciptakan hasil dari projek ini. Ia diberikan tanggung jawab untuk menggalang tim yang akan mengembangkan dua generasi pertama dari perangkat ini. Setelah itu perkembangan iPod yang selanjutnya dilakukan di bawah naungan Jonathan Ive yang merupakan kepala grup disain industri di Apple Computer.
Sampai bulan Oktober 2004, iPod mendominasi penjualan perangkat Music Player di Amerika Serikat, dengan meraih 92% dari pasaran perangkat hard drive dan lebih dari 65% dari pasaran jenis lainnya. iPod telah berhasil dijual dengan pesat, melebihi sepuluh juta unit dalam tiga tahun terakhir ini. Perangkat tersebut mempunyai pengaruh kebudayaan yang sangat besar di masyarakat bila dibanding dengan saat alat tersebut pertama kali diluncurkan.

TV / RADIO
Televisi berasal dari kata “Tele” dan “Visi” yang artinya Tele artinya jauh dan Visi artinya gambar. Televisi merupakan peralatan teknologi informasi yang sudah lama diciptakan oleh manusia. Televisi ini dapat menerima gambar bergerak dan suara dari stasiun pemancar yang sengaja menyebarkan informasi (Broadcast) melalui ruang udara (atmosfir) berupa gelombang magnet yang disebarluaskan ulang oleh Satelit di ruang angkasa. Gelombang ini diterima oleh antena penerima di rumah-rumah yang difokuskan pada satu titik antena kemudian disalurkan melalui kabel antena dan diterima kembali oleh pesawat televisi. Di dalam pesawat televisi gelombang tersebut dirubah menjadi titik-titik sinar yang dipantulkan ke layar kaca televisi, titik-titik tersebut bergerak sangat cepat sehingga terebentuklah gambar yang dapat bergerak secara mulus tidak terpotong-potong.

Radio memiliki teknologi yang sedikit di bawah Televisi, radio hanya dapat menerima informasi berupa suara saja tanpa dapat menerima informasi berbentuk gambar.