Selamat Datang di Situs SMP Patria Dharma Selatpanjang - Kecamatan Tebing Tinggi - Kabupaten Kepulauan Meranti - Provinsi Riau

Kesiswaan

KATA PENGANTAR
Dengan memanjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, akhirnya penyusunan Program Kerja Pembinaan Kesiswaan di SMP Swasta Patria Dharma Selatpanjang tahun pelajaran 2009/2010 telah selesai disusun. Program ini merupakan program penyempurnan dari  program sebelumnya. Hal ini didasarkan atas  evaluasi program tahun sebelumnya.

          Program ini memuat program kerja kesiswaan dengan ruang lingkup pembinaan ; (1) Program Pembinaan Kesiswaan (OSIS), (2) Program Pembinaan Ekstrakurikuler, (3) Program Unggulan Akademik dan Non Akademik, dengan sasaran pembinaan adalah Penyelamatan dan Pemberdayaan Potensi Diri Siswa dengan fokus seluruh siswa kelas VII, VIII dan IX SMP Swasta Patria Dharma Selatpanjang. Program pembinaan ini diharapkan dapat mendekati profil akhir dengan  arah pembinaan meliputi seluruh aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik.

          Tentunya segala upaya dan bantuan untuk pengembangan kesiswaan di SMP Swasta Patria Dharma Selatpanjang ini akan berjalan dengan baik sesuai dengan yang diharapkan apabila pelaksanaannya  tidak dilakukan secara partial. Oleh karena itu segala dukungan,  bantuan dan arahan dalam bentuk apapun sangat diharapkan.

Akhirnya, kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan Program kerja ini. Semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu memberikan petunjuk dalam pelaksanaan Program ini.


Selatpanjang,  Juli 2009
Wakasek Ur. Kesiswaan



Pembina OSIS














BAB I
PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG
Upaya peningkatan mutu kualitas Sumber Daya Manusia yang cerdas, terampil, berakhlak mulia dan mampu hidup bersaing  adalah tuntutan dari perkembangan zaman pada saat ini. Oleh karena itu upaya peningkatan SDM ini harus diprogramkan secara terstruktur, berkesinambungan dan di evaluasi secara berkala. Hal ini menjadi semakin penting karena perubahan-perubahan akibat perkembangan ilmu pegetahuan dan teknologi (Iptek) serta komunkasi menjadi semakin tidak kentara.
Salah satu bagian yang penting dalam upaya tersebut adalah sekolah sebagai fungsi pendidikan berkewajban untuk mengembangkan kemampuan serta membentuk watak dan kepribadian bangsa yang bermartabat, khususnya generasi muda sebagai penerus cita-cita perjuangan bangsa dan sumber insani bagi pembangunan nasional. Kompetensi penyelenggaraan pendidikan yang mengacu pada kompetensi siswa yang diarahkan pada kompetensi multiple intelegensi sangatlah diharapkan. Oleh karena itu Upaya pengembangan Potensi Diri Siswa sangatlah diperlukan dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

B.     TUJUAN
  1. Mengembangkan seluruh potensi siswa secara maksimal, baik potensi akademik maupun non akademik.
  2. Menyiapakan warga negara menuju masyarakat belajar yang cerdas dan memahami nilai-nilai masyarakat yang beradab.
  3. Menemukan dan memunculkan potensi-potensi yang ada pada diri siswa sehingga timbul kecakapan hidup (life skiill) yang bermanfaat bagi dirinya dan masyarakat.
  4. Memberikan kemampuan minimal untuk melanjutkan ke perguruan tinggi dan hidup bermasyarakat
  5. Menumbuhkan daya tangkal pada diri siswa terhadap pengaruh negatif yang datang dari luar maupun dari dalam lingkungan sekolah
  6. Meningkatkan kemampuan siswa sebagai anggota masyarakat dalam mengadakan hubungan timbal balik dengan lingkungan sosial, budaya dan alam sekitar.
  7. Meningkatan  apresiasi dan penghayatan seni.
  8. Menumbuhkan sikap berbangsa dan bernegara dengan berdasarkan Pancasila.
  9. meningkatkan kesegaran jasmani dan daya kreasi siswa untuk memantapkan keseimbangan antara pertumbuhan jasmani dan rohani.






C.    RUANG LINGKUP PEMBINAAN KESISWAAN
1.     Program Pembinaan Kesiswaan (OSIS)
2.     Program Pembinaan Ekstrakurikuler
3.     Program Unggulan Akademik dan Non Akademik.

D.    SASARAN PEMBINAAN
Sasaran Pembinaan adalah (a) upaya penyelamatan dan (b) pemberdayaan  Potensi Diri siswa kelas VII, VIII dan IX SMP Swasta Patria Dharma Selatpanjang pada tahun 2009/2010 dengan  jumlah sebanyak        orang.terlampir

E. HASIL YANG DIHARAPKAN
1. Mampu melahirkan SDM yang memiliki keimanan, ketaqwaan, berkualitas, kompetitif,berdedikasi, mandiri dan profesional.
2.   Mampu meningkatkan prestasi siswa sesuai bakat dan minat siswa

 BAB II
URAIAN DAN MEKANISME PEMBINAAN KESISWAAN
Seperti dikemukakan pada bagian terdahulu bahwa upaya pembinaan kesiswaan, terbagi menjadi 3 lingkup pembinaan yaitu :
  1. Program Pembinaan OSIS
  2. Program Pembinaan Ekstrakurkuler
  3. Program Unggulan Akademik dan Non Akademik.

A.    PROGRAM PEMBINAAN  OSIS

1.     Pengertian
Satu-satunya wadah organisasi siswa di sekolah untuk mencapai tujuan pembinaan dan pengembangan kesiswaan adalah Organisasi Intra Sekolah disingkat OSIS. OSIS bersifat intra sekolah, artinya tidak ada hubungan organisatoris dengan OSIS di sekolah lain, dan tidak menjadi Bagian dari organisasi lain yang ada di luar sekolah. Karena OSIS merupakan wadah organisasi siswa di sekolah. Oleh karena itu setiap siswa secara otomatis menjadi anggota OSIS. Keanggotaan itu secara otomatis berakhir dengan keluarnya siswa dari sekolah yang bersangkutan.

2.     Tujuan
Organisasi ini bertujuan mempersiapkan siswa sebagai kader penerus cita-cita perjuangan bangsa dan sumber insani pembangunan nasional, untuk :
1.      Mengembangkan potensi siswa secara optimal dan terpadu yg meliputi bakat, minat, dan kreativitas;
2.      Memantapkan kepribadian siswa untuk mewujudkan ketahanan sekolah sebagai lingkungan pendidikan sehingga terhindar dariusaha dan pengaruh negatif dan bertentangan dengan tujuan pendidikan;
3.      Mengaktualisasikan potensi siswa dalam pencapaian prestasi unggulan sesuai bakat dan minat;
4.      Menyiapkan siswa agar menjadi warga masyarakat yang berakhlak mulia, demokratis, menghormati hak-hak asasi manusia dalam rangka mewujudkan masyarakat madani (civil society).
(Permendiknas No 39 Tahun 2008, Bab I pasal 1)

3.     Materi Pembinaan
Materi pembinaan kesiswaan (OSIS) mencakup :
1.     Pembinaan ketaqwaan terhadap Tuhan yang Maha Esa
2.     Pembinaan Budi Luhur atau Akhlak Mulia



3.     Pembinaan Kepribadian Unggul, wawasan kebangsaan, dan bela negara
4.     Pembinaan Prestasi akademik,seni, dan/atau olahraga sesuai bakat dan minat
5.    Pembinaan Demokrasi, hak asasi manusia, pendidikan politik, lingkungan hidup,kepekaan dan toleransi sosial dalam konteks masyarakat plural.
6.     Pembinaan kreativitas keterampilan dan kewiraswastaan
7.    Pembinaan kualitas  jasmani ,kesehatan dan gizi berbasis sumber gizi yang terdiversifikasi.
8.     Pembinaan sastra dan budaya.
9.     pembinaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK)
10. pembinaan komunikasi dalam bahasa inggris.

4.     Perangkat OSIS
Perangkat OSIS terdiri dari :
                        1)      Pembina OSIS
                        2)      Perwakilan kelas
                        3)      Pengurus OSIS
                        4)      Anggota OSIS

5.     Rincian dan tugas Perangkat OSIS
a.  Pembina OSIS
Pembina OSIS bertanggung jawab atas seluruh pengelolaan, pembinaan dan pengembangan OSIS di sekolah.
Rincian tugas pembinan OSIS adalah :
a)     bertanggung jawab atas seluruh pembinaan dan pengembangan OSIS di sekolah
b)     memberikan nasihat kepada perwakilan kelas dan pengurus.
c)     mengesahkan keanggotaan perwakilan kelas dengan surat keputusan kepala sekolah.
d)     Mengesahkan dan melantik pengurus OSIS denga surat keputusan kepala sekolah.
e)     Mengarahkan penyusunan anggaran rumah tangga dan program kerja OSIS.
f)      Menghadiri rapat-rapat OSIS
g)     Mengadakan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas OSIS

b.     Perwakilan Kelas
a)      Perwakilan kelas terdiri atas wakil-wakil kelas. Setiap kelas diwakili oleh 2 (dua) orang siswa.
b)      Perwakilan kelas bertugas memilih pengurus OSIS, mengajukan usul-usul untuk dijadikan program kerja OSIS dan menilai laporan pertanggungjawaban pengurus OSIS pada akhir masa jabatannya.
c)      Perwakilan kelas bertanggung jawab langsung kepada Pembina OSIS
d)      Masa jabatan perwakilan kelas selama 1 tahun ajaran.
e)      Rincian tugas perwakilan kelas adalah :
1)     mewakili kelasnya dalam rapat perwakilan kelas


2)     mengajukan usul kegiatan untuk dijadikan program kerja OSIS
3)     mengajukan calon pengurus OSIS berdasarkan hasil-hasil rapat kelas.
4)     Memilih pengurus OSIS dan daftar calon yang telah disiapkan.
5)     Menilai laporan pertanggungjawaban dan segala tugas pengurus Osis pada akhir masa jabatannya.
6)     Menyusun Anggaran Rumah Tangga.

c.     Pengurus OSIS
Pengurus OSIS terdiri atas :
seorang ketua dan dua orang wakil ketua
a)      Seorang sekretaris dan dua orang wakil sekretaris
b)      Seorang bendahara dan seorang wakil bendahara
c)      Delapan orang ketua seksi yaitu :
1.      Pembinaan ketakwaan terhadap tuhan yang maha esa
2.      Pembinaan kehidupan berbangsa dan bernegara
3.      Pembinaan kepribadian unggul, wawasan kebangsaan dan pendidikan bela
4.      Pembinaan kepribadian dan budi pekerti luhur
5.      Pembinaan berorganisasi, pendidikan politik dan kepemimpinan
6.      Pembinaan kesegaran jasmani dan daya kreasi
7.      Apersepsi, apresiasi dan kreasi seni
8.      Pembinaan prestasi akademik

d.  Pembinaan Seksi :
SEKSI PEMBINAAN KEIMANAN DAN KETAQWAAN TERHADAP TUHAN YME, ANTARA LAIN:
1.      Melaksanakan peribadatan sesuai dengan ketentuan agama masing-masing.
2.      Memperingati hari-hari besar keagamaan;
3.      Melaksanakan perbuatan amaliah sesuai dengan norma agama;
4.      Membina toleransi kehidupan antar umat beragama;
5.      Mengadakan kegiatan lomba yang bernuansa keagamaan;
6.      Mengembangkan dan memberdayakan kegiatan keagamaan di sekolah.
Binaan kegiatan Ekstrakurikuler : Kebaktian

SEKSI PEMBINAAN BUDI PEKERTI LUHUR ATAU AKHLAK MULIA, ANTARA LAIN:
1.      Melaksanakan tata tertib dan kultur sekolah;
2.      Melaksanakan gotong royong dan kerja bakti (bakti sosial);
3.      Melaksanakan norma-norma yang berlaku dan tata krama pergaulan;
4.      Menumbuhkembangkan kesadaran utk rela berkorban terhadap sesame
5.      Menumbuhkembangkan sikap hormat dan menghargai warga sekolah
6.      Melaksanakan kegiatan 7K (keamanan, kebersihan, ketertiban,   keindahan, kekeluargaan, kedamaian, dan kerindangan)
Binaan kegiatan Ekstrakurikuler : Paskibra, KIR, English Club, Sains Club, Mandarin Club.

SEKSI PEMBINAAN KEPRIBADIAN UNGGUL, WAWASAN KEBANGSAAN, DAN BELA NEGARA
1.      Melaksanakan upacara bendera pd hari senin dan/atau sabtu, serta hari2 besar nasional
2.      Menyanyikan lagu-lagu nasional (Mars & Hymne)
3.      Melaksanakan kegiatan kepramukaan
4.      Mengunjungi dan mempelajari tempat2 bernilai sejarah
5.      Mempelajari dan meneruskan nilai-nilai luhur, kepeloporan, dan semangat perjuangan para pahlawan




6.      Melaksanakan kegiatan bela Negara
7.      Menjaga dam menghormati simbol2 dan lambang2 negara
Binaan kegiatan Ekstrakurikuler : Napak Rimba, PKS

SEKSI PEMBINAAN PRESTASI AKADEMIK, SENI, OLAHRAGA SESUAI DENGAN BAKAT DAN MINAT
1.      Mengadakan lomba mata pelajaran
2.      Menyelenggarakan kegiatan ilmiah
3.      Mengikuti kegiatan workshop, seminar, diskusi panel yang bernuansa iptek
4.      Mengadakan studi banding dan kunjungan (studi wisata) ke tempat-tempat sumber belajar
5.      Mendesain dan memproduksi media pembelajaran
6.      Mengadakan pameran karya inovatif dan hasil penelitian
7.      Mengoptimalkan pemanfaatan perpustakaan sekolah
8.      Membentuk klub sains, seni, dan olahraga
9.      Menyelenggarakan festival dan lomba seni
10.  Menyelenggarakan lomba dan pertandingan olahraga
Binaan kegiatan ekstrakurikuler : Pramuka

SEKSI PEMBINAAN DEMOKRASI, HAK ASASI MANUSIA, PENDIDIKAN POLITIK, LINGKUNGAN HIDUP, KEPEKAAN DAN TOLERANSI SOSIAL DALAM KONTEKS MASYARAKAT PLURAL, ANTARA LAIN:
1.      Memantapkan dan mengembangkan peran siswa di dalam OSIS sesuai dengan tugasnya masing-masing;
2.      Melaksanakan latihan kepemimpinan siswa;
3.      Melaksanakan kegiatan dengan prinsip kejujuran, transparan, dan profesional;
4.      Melaksanakan kewajiban dan hak diri dan orang lain dalam pergaulan masyarakat;
5.      Melaksanakan kegiatan kelompok belajar, diskusi, debat dan pidato;
6.      Melaksanakan kegiatan orientasi siswa baru yang bersifat akademik dan pengenalan lingkungan tanpa kekerasan;
7.      Melaksanakan penghijauan dan perindangan lingkungan sekolah.
Binaan kegiatan Ekstrakurikuler : Jurnalis

SEKSI PEMBINAAN KREATIVITAS, KETERAMPILAN DAN KEWIRAUSAHAAN, ANTARA LAIN:
1.      Meningkatkan kreativitas dan keterampilan dalam menciptakan suatu barang menjadi lebih berguna;
2.      Meningkatkan kreativitas dan keterampilan di bidang barang dan jasa;
3.      Meningkatkan usaha koperasi siswa dan unit produksi;
4.      Melaksanakan praktek kerja nyata (PKN)/pengalaman kerja lapangan (PKL)/praktek kerja industri (Prakerin);
5.      Meningkatkan kemampuan keterampilan siswa melalui sertifikasi kompetensi siswa berkebutuhan khusus.
Binaan kegiatan Ekstrakurikuler : Koperasi Siswa

SEKSI PEMBINAAN KUALITAS JASMANI, KESEHATAN DAN GIZI BERBASIS SUMBER GIZI YANG TERDIVERSIFIKASI, ANTARA LAIN:
1.      Melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat;
2.      Melaksanakan usaha kesehatan sekolah (UKS);
3.      Melaksanakan pencegahan penyalahgunaan narkotika, psikotropika, dan zat adiktif (narkoba), minuman keras, merokok, dan HIV/AIDS;
4.      Meningkatkan kesehatan reproduksi remaja;
5.      Melaksanakan hidup aktif;
6.      Melakukan diversifikasi pangan;
7.      Melaksanakan pengamanan jajan anak sekolah.



SEKSI PEMBINAAN SASTRA DAN BUDAYA, ANTARA LAIN:
1.      Mengembangkan wawasan dan keterampilan siswa di bidang sastra;
2.      Menyelenggarakan festival/lomba, sastra dan budaya;
3.      Meningkatkan daya cipta sastra;
4.      Meningkatkan apresiasi budaya.
Binaan kegiatan  Ekstrakurikuler : PMR, PSM 261, Tae Kwon Do, BKC, Basket, Volley Ball, Sepak Bola, Silat.

SEKSI PEMBINAAN KOMUNIKASI DALAM BAHASA INGGRIS, ANTARA LAIN:
1.      Melaksanakan lomba debat dan pidato;
2.      Melaksanakan lomba menulis dan korespondensi;
3.      Melaksanakan English Day;
4.      Melaksanakan kegiatan berceritera dalam bahasa Inggris (Story Telling);
5.      Melaksanakan lomba puzzies words/scrabble.

e.       Syarat Pengurus OSIS
    1. Taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa
    2. Mermiliki budi pekerti luhur dan sopan santun terhadap orang tua, guru, dan teman
    3. Memiliki bakat sebagai pemimpin siswa
    4. Memiliki  kemauan, kemampuan, dan pengetahuan yang memadai
    5. Dapat mengatur waktu dengan sebaik-baiknya,sehingga pelajarannnya tidak terganggu karena menjadi pengurus OSIS
    6. Pengurus dicalonkan oleh perwakilan kelas
    7. Khusus untuk ketua OSIS , ditambah persyaratan :
    8. Mempunyai kemampuan berpikir yang jernih
    9. Memiliki wawasan mengenai kondisi yang sedang dihadapi bangsanya.
    10. Tidak duduk di kelas terakhir, karena akan menghadapi ujian Nasional.

f.       Rincian Tugas Pengurus OSIS
    1. bertugas menyusun dan melaksanakan program kerja OSIS sesuai dengan AD ART
    2.  menyampaikan laporan pertangungjawaban kepada rapat perwakilan kelas pada akhir masa jabatannya.
    3.  Bertanggung jawab langsung kepada perwakilan kelas dan pembina OSIS.
    4.  Mempunyai masa kerja selama satu tahun pelajaran.

g.      Anggota OSIS
1.      Anggota OSIS secara otomatis adalah siswa yang masih aktif belajar pada sekolah yang bersangkutan
2.       Anggota OSIS tidak memerlukan kartu anggota
3.      Keanggotan berakhir apabila siswa yang bersangklutan tidak menjadi siswa lagi di sekolah tersebut, ata meninggal dunia
4.      Setiap anggota mempunyai hak :
(1)  mendapat perlakuan yang sama sesuai bakat, minat dan kemampuannya
(2)  memilih dan dipilih sebagai perwakilan kelas atau pengurus.
(3)  Bicara secara lisa maupun tertulis. 

6.  Keuangan
Keuangan OSIS diperloleh dari dana yang disediakan oleh sekolah, dan sumbangan yang tidak mengikat serta usaha lain yang sah. Keuangan OSIS disimpan di Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Selatpanjang dengan nama rekening OSIS SMP Swasta Patria Dharma, dan ditandatangani oleh 2 orang yaitu Wakasek Ur. Kesiswaan dan Ketua OSIS






7.  Forum Organisasi
a.      Rapat-rapat
1.      Rapat Pleno perwakilan kelas adalah rapat yang dihadiri seluruh anggota perwakilan kelas. Rapat ini diadakan untuk :
a.       persiapan tatacara pemilihan ketua, seorang wakil ketua dan seorang sekretaris
b.      pencalonan pengurus OSIS
c.       pemilihan pengurus OSIS
d.       penilaian laporan peranggungjawaban pemgurus OSIS pada akhir masa jabatan.
      Acara , waktu dan temnpat rapat dikonsultasikan dengan pembina OSIS

2.     Rapat pengurus
a.       Rapat pleno pengurus adalah rapat yang dihadiri seluruh anggota pleno pengurus OSIS
b.      Rapat pengurus harian adalah rapat pengurus yang dihadiri oleh ketua, wakil ketua, sekretaris, bendahara dan wakil ketua, sekretaris, bendahara dan wakil bendahara untyk membicarakan dan mengkoordinasikan pelaksanaan pekerjaan sehari-hari.
c.       Rapat koordinasi adalah rapat yang dihadiri oleh sah serang wakil ketua I, sekretaris, wakil sekretaris I, bendahara dan seksi I sampai dengan seksi VIII.

8.      Sasaran/Target Pembinaan.
1.      Meningkatkan peran serta siswa dalam membina sekolah sebagai wawasan wiyata mandala sehingga terhindar dari usaha dan pengaruh yang bertentangan dengan kebudayaan nasional
2.      Menumbuhkan daya tangkal pada diri siswa terhadap pengaruh negatf yang datang dari luar maupun dari dalam lingkungan sekolah.
3.      Mampu meningkatkan pelayanan pendidikan kepada siswa melalui jalur pembinaan penyelamatan siswa dari bahaya perilaku menyimpang di kalangan siswa dan jalur pemberdayaan potensi diri

B.  PROGRAM PEMBINAAN EKSTRAKURIKULER

  1. Pengertian Kegiatan Ekstra Kurikuler
Kegiatan Ekstra Kurikuler adalah kegiatan pendidikan di luar jam pelajaran biasa yang dilakukan di sekolah/luar sekolah  untuk membantu pengembangan peserta didik sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, dan minat mereka melalui kegiatan yang secara khusus diselenggarakan oleh pendidik dan atau tenaga kependidikan yang berkemampuan dan berkewenangan di sekolah/madrasah secara berkala dan terprogram.

1.      Visi dan Misi
a.      Visi
      Visi kegiatan ekstra kurikuler adalah berkembangnya potensi, bakat dan minat secara optimal, serta tumbuhnya kemandirian dan kebahagiaan peserta didik  yang berguna untuk diri sendiri, keluarga dan masyarakat.

b.      Misi
1)   Menyediakan sejumlah kegiatan yang dapat dipilih oleh peserta didik sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, dan minat mereka.
2)  Menyelenggarakan kegiatan yang memberikan kesempatan peserta didik mengespresikan  diri secara bebas melalui kegiatan mandiri dan atau kelompok.      



2.      Tujuan Umum
Menunjang pencapaian tujuan institusional dalam upaya pembentukan manusia Indonesia seutuhnya berdasarkan Pancasila, yaitu :
a.       Manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur.
b.      Memiliki pengetahuan dan keterampilan
c.       Sehat jasmani dan rohani
d.      Kepribadian yang mantap dan mandiri
e.       Rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.

3.      Tujuan Khusus
a.       Memberikan pengayaan kepada siswa yang menyangkut aspek pengetahuan,   keterampilan dan sikap untuk menjadi manusia seutuhnya.
b.      Menambah pengetahuan dan keterampilan kepada siswa untuk memanfaatkan potensi lingkungan alam, lingkungan sosial dan lingkungan budaya.
c.       Mengembangkan kemampuan siswa untuk memanfaatkan kegiatan industri dan dunia usaha (kewiraswastaan)
d.      Mengembangkan keterampilan dan nilai-nilai kemanusiaan, ketekunan, kerja keras dan disiplin melalui kegiatan ekstrakurikuler.
e.       Menanamkan kemampuan dan keterampilan melakukan tindakan dan perilaku hidup sehat secara jasmani dan rohani.
f.       Menanamkan kemampuan meneliti dan mengembangkan daya cipta untuk menemukan hal baru
g.      Menanamkan nilai-nilai gotong royong, kerjasama, tanggungjawab dan disiplin melalui kegiatan koperasi sekolah
h.      Memberikan bekal kemampuan berorganisasi melalui kegiatan di sekolah dan di luar sekolah.
i.        Memberikan bekal keterampilan praktis yang diperlukan siswa untuk hidup di masyarakat, mencukupi kebutuhannya sendiri maupun membantu kebutuhan  orangtuanya.
j.        Menanamkan rasa cinta dan tanggung jawab dalam upaya melestarikan lingkungan alam dan budaya
k.      Menanamkan budaya kerja dan etos kerja yang diperlukan untuk pembangunan berkelanjutan
l.         Menanamkan dan menambah wawasan kerohanian, mental dan agama untuk hidup dalam masyarakat, bangsa dan negara.
m.    Memberikan bekal kemampuan berbakti dan berpartisipasi dalam pembangunan daerah.

4.      Fungsi Kegiatan Ekstra Kurikuler
a.  Pengembangan, yaitu fungsi kegiatan ekstra kurikuler untuk mengembangkan kemampuan dan kreativitas peserta didik sesuai dengan potensi, bakat dan minat mereka.
b.   Sosial, yaitu fungsi kegiatan ekstra kurikuler untuk mengembangkan kemampuan dan rasa tanggung jawab sosial peserta didik.
c.    Rekreatif, yaitu fungsi kegiatan ekstra kurikuler untuk mengembangkan suasana rileks, mengembirakan dan menyenangkan bagi peserta didik yang menunjang proses perkembangan.
d.   Persiapan karir, yaitu fungsi kegiatan ekstra kurikuler untuk mengembangkan kesiapan karir peserta didik.

5.      Prinsip Kegiatan Ekstra Kurikuler
a.       Individual, yaitu prinsip kegiatan ekstra kurikuler yang sesuai dengan potensi, bakat dan minat peserta didik masing-masing.
b.      Pilihan, yaitu prinsip kegiatan ekstra kurikuler yang sesuai dengan keinginan dan diikuti secara sukarela peserta didik.
c.       Keterlibatan aktif, yaitu prinsip kegiatan ekstra kurikuler yang menuntut keikutsertaan peserta didik secara penuh
d.      Menyenangkan, yaitu prinsip kegiatan ekstra kurikuler dalam suasana yang disukai dan mengembirakan peserta didik.
e.       Etos kerja, yaitu prinsip kegiatan ekstra kurikuler yang membangun semangat peserta didik untuk bekerja dengan baik dan berhasil.
f.       Kemanfaatan sosial, yaitu prinsip kegiatan ekstra kurikuler yang dilaksanakan untuk kepentingan masyarakat.

6.      Bidang dan Jenis Kegiatan Pembinaan
A.     BIDANG OLAH RAGA
1)     Sepak Bola
2)     Bola Basket
3)     Volley Ball
4)     Tenis Meja
5)     Bulu tanagkis
6)     Atletik
7)     Takraw
8)     Olah raga prestasi lainnya

B.     BIDANG SENI
1)     Seni Olah Vokal
2)     Seni Teater
3)     Seni Tradisional ( Seruling)dll
4)     Seni Modern

C.     BIDANG  WAWASAN KEBANGSAAN
1)     Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra)
2)     Pecinta Alam (Napak Rimba)
3)     Palang Merah  Remaja  (PMR)
4)     Pramuka
5)     Kelompok Ilmah Remaja (KIR)
6)     Englsh Club
7)   Mandarin Club
8)   Sains Club

D.     PEMBINAAN KETAQWAAN TERHAYAP TUHAN YANG MAHA ESA
1)     Forum Muda Mudi Vihara Patria Dharma, Gabi, Kebaktian

E.     PEMBINAAN  KETERAMPILAN DAN  KEWIRAUSAHAAN
1)     Koperasi Siswa

7.      Peranan dan Tugas Guru/Kepala Sekolah
Dalam kegiatan ekstrakurikuler tugas guru antara lain memberikan rangsangan dan motivasi serta arahan-arahan/pembinaan mulai dari persiapan, pelaksanaan, penilaian dan upaya pengembangan.
Selama kegiatan ekstrakurikuler berlangsung, peranan guru/kepala sekolah adalah sebagai berikut :
a.     Sebagai Motivator
Memberikan rangsangan dan dorongan bagi siswa agar dapat mau melakukan sesuatu secara perorangan, berpasangan, kelompok maupun menurut rombongan belajar (klasikal)

b.     Sebagai fasilitator/tutor
Berperan memberikan materi dan membantu kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa dalam melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler





c.     Sebagai Dinamisator/akselelator
Mendorong aktifitas siswa agar dapat melakukan kegiatan yang lebih banyak dan lebih bervariasi dari segi kualitas dan kreatifitas siswa.

d.     Sebagai konselor
Memberikan bimbingan dan menjadi nara sumber, tempat berkonsultasi untuk kegiatan dari tahap persiapan, pelaksanaan, penilaian, tidak lanjut dan pengembangannya

8.      Penyusunan Program Bimbingan Kegiatan Ekstrakurikuler
Untuk menunjang kelancaran, efisiensi dan efektifitas bimbingan kegiatan ekstrakurikuler perlu disusun program kegiatan bimbingan siswa. Komponen yang perlu dimasukan dalam program ini meliputi kegiatan yang dilaksanakan pada tahap persiapan, pelaksanaan, penilaian dan tindak lanjut kegiatan ekstrakurikuler

9.      Pembina Ekstrakurikuler
No.
Nama
Jabatan
Keterangan
1.
Eko Muriyanto
Wakasek Kesiswaan

2
Joko Mustofa, SE
Pembina Olahraga

3
Eko Sutrisno, S.Si
Pembina Sains

4
Wasi Suryani, A.Md
Pembina KIR

5
Hendra Nurdin, S.Pd
Pembina English Club

6
Hartono
Pembina English Club

7
Eni Caturini, S.Pi
Pembina Sains

8
Umiyaningsih, S.Ag
Pembina Seni, Kebaktian

9
Tri Susilo
Pembina Seni

10
Amran Asmanto
Pembina Mandarin Club

11
Jazilah, S.Si
Pembina Sains, Olahraga

12
Supinah
Pembina Mandarin Club

13
Edi Sukimo
Pembina Mandarin Club



C.  PROGRAM UNGGULAN AKADEMIK DAN NON AKADEMIK
  1. Pengertian
Program Unggulan adalah program kegiatan kesiswaan yang merupakan program prioritas sekolah dengan fokus :
a.       Tercapainya sumber daya manusia yang kreatif, inovatif dengan ketangguhan intelektual dan kekuatan moral.
b.      Adanya perubahan dari siswa pasif menjadi siswa aktif
c.       Memiliki keunggulan prestasi akademik dan atau non akademik untuk bidang tertentu sebagai bukti pertanggungjawaban keberhasilan pendidikan kepada masyarakat.
d.      Mampu berprestasi dalam kegiatan Olimpiade/Lomba Cepat Tepat/Porseni/Porpelajar di tingkat Kota/Provinsi dan Tingkat Nasional

  1. Sasaran Pembinaan 
Sasaran pembinaan adalah seluruh siswa kelas VII, VIII dan IX dengan pengaturan sebagai berikut :
a.       Kelas VII (setiap hari Sabtu)
Program unggulan akademik yaitu Fisika,Kimia,Biologi,Matematika,TIK
b.      kelas VIII IPA dan IPS (terintegrasi mulai hari Senin s.d. Sabtu dalam PBM)
Program Unggulan Akademik yaitu Fisika, Kimia, Biologi, matematika, TIK, Bahasa Inggris dan Ekonomi Akuntansi untuk Jurusan IPS
c.       Kelas IX IPA dan IPS(terintegrasi mulai hari Senin s.d. Sabtu dalam PBM)
Program Unggulan Akademik yaitu Fisika, Kimia, Biologi, matematika, TIK, Bahasa Inggris dan Ekonomi Akuntansi untuk Jurusan IPS

3.      Rincian Tugas
3.1. Tim TPK
a.    Bertanggung jawab atas keseluruhan program unggulan mulai dari tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi.
b.     Merencanakan program sesuai dengan kebutuhan sekolah (School Based Plan)
c.     Melakukan analisis kebutuhan untuk dijadikan dasar untuk membuat rencana peningkatan mutu melalui program unggulan.
d.    Mengarahkan dan membimbing seluruh tim KTSP, koordinator pelaksana, pembina dan pelatih dalam pelaksanaan program unggulan.
e.     Mengevaluasi seluruh kegiatan program unggulan.

3.2. Koordinator program Unggulan.
a.     Mengelola  seluruh kegiatan bidang unggulan baik akademis dan non akademis
b.     Memonitor secara keseluruhan bidang unggulan
c.     Membuat laporan pelaksanaan kepada pihak ketua
d.     Mengkoordinasikan seluruh bidang unggulan baik secara vertical atau horizontal.
e.     Melakukan evaluasi program

3.3. Pembina/Pelatih
a.     Membuat program kerja perbidang unggulan
b.     Membina/melatih siswa sesuai dengan target yang harus di capai.
c.     Mengelola proses belajar mengajar baik di dalam kelas atau di luar kelas.
d.     Membuat laporan kegiatan pelaksanaan secara berkala kepada koordinator bidang akademis atau non akademis
e.     Menata kelengkapan bidang unggulan.
f.      Melalukan evaluasi internal
g.     Merekapitulasi kemajuan siswa secara individual
h.     Menyiapkan kelengkapan setiap program unggulan

4.      Pelaksana Kegiatan
Pelaksana kegiatan Program Unggulan terdiri atas :
a.     Pembina/Pelatih
Pembina yaitu guru SMP Swasta Patria Dharma Selatpanjang yang secara formal ditunjuk berdasaran Surat Keputusan kepala Sekolah SMP Swasta 8 Patria Dharma Selatpanjang  
Pelatih yaitu guru atau seseorang yang mempunyai keahlian dalam bidang tugas akademik atau non akademik


5.      Mekanisme Kegiatan
5.1.   Tempat Penyelenggaran
   Program Unggulan ini diselenggarakan di SMP Swasta Patria Dharma Selatpanjang, dengan mempergnakan tempat sebagai berikut :
No.
Program Unggulan
Lokasi
Keterangan
A. Akademik
1.
Biologi
Laboratorium Biologi

2.
Fisika
Laboratorium Fisika

3.
Kimia
Laboratorium Kimia

4.
Matematika
Ruang  kelas

5.
TIK
Laboratorium Komputer

6.
Bahasa Inggris
Ruang kelas
Terintegrasi dalam kegiatan PBM
B. Non Akademik
1.
Bola Volley
Lapangan SMP Patria Dharma

2.
Sepak Bola
Lapangan

3.
Basket Ball
Lapangan SMP Patria Dharma

6.
SeniTradisional/Modern/Teater/Band
Pentas/Aula  SMP Patria Dharma


5.2.   Waktu Pelaksanaan
Program unggulan dilaksanakan dengan pengaturan sebagai berikut :

a.     Program Akademik
1)     Untuk siswa kelas VII dilaksanakan setiap hari Sabtu mulai pukul 07.00 s.d.     10.00.
2)     Untuk siswa kelas VIII, IX dilaksanakan sesuai dengan jadwal pelajaran  (terintegrasi dalam kegiatan Intrakurikuler)

b.     Program Non Akademik
Dilaksanakan diluar jam pelajaran biasa mulai pukul; 14. s.d 16.15
(sesuai dengan jadwal Ekstrakurikuler yang telah disepakati bersama: ketua-ketu ekstra, osis dan pihak sekolah terlampir).

5.3.   Pola Pendekatan dan Sistem Penyajian
Pola pendekatan dan sisem penyajian disesuaikan dengan situasi kelas yang terpenting siswa dimotivasi untuk aktif, kreatif, inovatif.

5.4.   Pelaksanaan
a.   Tahap Persiapan
Pada tahap ini dilakukakan sosialisasi terhadap guru dan staf tata usaha, komite sekolah dan orang tua murid. Sosialsisasi dilakukan oleh bagian kesiswaan dan Staf BK



    b.  Tahap pelaksanaan Program
Dilaksanakan mulai awal semester ganjil . Pelaksanaan pembinaan dilakukann oleh Guru mata pelajarann/Pembina Ekstrakurikuler/Pelatih dan BK sebagai pelayan konseling

c.   Tahap Evaluasi
Tahap ini dilakukan 2 kali dalam 1 semester yaitu diakhir bulan Oktober dan awal bulan Januari pada semester ganjil.  Dan akhir bulan Maret dan akhir bulan Mei pada semester genap. Tahapan inibertujuan untuk melihat sampai sejauh mana program kegiatan terlampaui.






















BAB III
PENUTUP
Demikian Program Kerja Pembinaan Kesiswaan yang merupakan upaya program Pengembangan Potensi Diri Siswa di SMP Swsata Patria Dharma Selatpanjang tahun pelajaran 2009/2010 dengan harapan dapat terlaksana sesuai dengan tujuan dan target yang diharapkan.
Program Kerja ini tidak mungkin bisa terlaksana tanpa adanya dukungan dari semua pihak. Oleh karena itu upaya pemahaman terhadap program kerja ini dapat diupayakan secara maksimal demi terwujudnya Visi dan Misi SMP Swsata Patria Dharma Selatpanjang