KATA PENGANTAR
Dengan memanjatkan puji dan syukur
kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, akhirnya penyusunan Program Kerja Pembinaan
Kesiswaan di SMP Swasta Patria Dharma Selatpanjang tahun pelajaran 2009/2010
telah selesai disusun. Program ini merupakan program penyempurnan dari
program sebelumnya. Hal ini didasarkan atas evaluasi program tahun
sebelumnya.
Program ini memuat program kerja kesiswaan dengan ruang lingkup pembinaan ; (1)
Program Pembinaan Kesiswaan (OSIS), (2) Program Pembinaan Ekstrakurikuler, (3)
Program Unggulan Akademik dan Non Akademik, dengan sasaran pembinaan adalah Penyelamatan
dan Pemberdayaan Potensi Diri Siswa dengan fokus seluruh siswa kelas VII,
VIII dan IX SMP Swasta Patria Dharma Selatpanjang. Program pembinaan ini
diharapkan dapat mendekati profil akhir dengan arah pembinaan meliputi
seluruh aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik.
Tentunya segala upaya dan bantuan untuk pengembangan kesiswaan di SMP Swasta
Patria Dharma Selatpanjang ini akan berjalan dengan baik sesuai dengan yang
diharapkan apabila pelaksanaannya tidak dilakukan secara partial. Oleh
karena itu segala dukungan, bantuan dan arahan dalam bentuk apapun sangat
diharapkan.
Akhirnya, kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu
dalam penyusunan Program kerja ini. Semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu
memberikan petunjuk dalam pelaksanaan Program ini.
Selatpanjang, Juli 2009
Wakasek Ur. Kesiswaan
Pembina OSIS
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR
BELAKANG
Upaya peningkatan mutu kualitas Sumber Daya Manusia
yang cerdas, terampil, berakhlak mulia dan mampu hidup bersaing adalah
tuntutan dari perkembangan zaman pada saat ini. Oleh karena itu upaya
peningkatan SDM ini harus diprogramkan secara terstruktur, berkesinambungan dan
di evaluasi secara berkala. Hal ini menjadi semakin penting karena
perubahan-perubahan akibat perkembangan ilmu pegetahuan dan teknologi (Iptek)
serta komunkasi menjadi semakin tidak kentara.
Salah satu bagian yang penting dalam upaya tersebut
adalah sekolah sebagai fungsi pendidikan berkewajban untuk mengembangkan
kemampuan serta membentuk watak dan kepribadian bangsa yang bermartabat,
khususnya generasi muda sebagai penerus cita-cita perjuangan bangsa dan sumber
insani bagi pembangunan nasional. Kompetensi penyelenggaraan pendidikan yang
mengacu pada kompetensi siswa yang diarahkan pada kompetensi multiple
intelegensi sangatlah diharapkan. Oleh karena itu Upaya pengembangan
Potensi Diri Siswa sangatlah diperlukan dalam mewujudkan tujuan pendidikan
nasional.
B. TUJUAN
- Mengembangkan seluruh potensi siswa secara maksimal, baik potensi akademik maupun non akademik.
- Menyiapakan warga negara menuju masyarakat belajar yang cerdas dan memahami nilai-nilai masyarakat yang beradab.
- Menemukan dan memunculkan potensi-potensi yang ada pada diri siswa sehingga timbul kecakapan hidup (life skiill) yang bermanfaat bagi dirinya dan masyarakat.
- Memberikan kemampuan minimal untuk melanjutkan ke perguruan tinggi dan hidup bermasyarakat
- Menumbuhkan daya tangkal pada diri siswa terhadap pengaruh negatif yang datang dari luar maupun dari dalam lingkungan sekolah
- Meningkatkan kemampuan siswa sebagai anggota masyarakat dalam mengadakan hubungan timbal balik dengan lingkungan sosial, budaya dan alam sekitar.
- Meningkatan apresiasi dan penghayatan seni.
- Menumbuhkan sikap berbangsa dan bernegara dengan berdasarkan Pancasila.
- meningkatkan kesegaran jasmani dan daya kreasi siswa untuk memantapkan keseimbangan antara pertumbuhan jasmani dan rohani.
C. RUANG LINGKUP PEMBINAAN KESISWAAN
1.
Program Pembinaan Kesiswaan (OSIS)
2.
Program Pembinaan Ekstrakurikuler
3.
Program Unggulan Akademik dan Non Akademik.
D. SASARAN PEMBINAAN
Sasaran Pembinaan adalah (a) upaya penyelamatan dan (b)
pemberdayaan Potensi Diri siswa kelas VII, VIII dan IX SMP Swasta Patria
Dharma Selatpanjang pada tahun 2009/2010 dengan jumlah
sebanyak orang.terlampir
E. HASIL YANG DIHARAPKAN
1. Mampu melahirkan SDM yang memiliki keimanan, ketaqwaan,
berkualitas, kompetitif,berdedikasi, mandiri dan profesional.
2. Mampu
meningkatkan prestasi siswa sesuai bakat dan minat siswa
URAIAN DAN MEKANISME PEMBINAAN
KESISWAAN
Seperti
dikemukakan pada bagian terdahulu bahwa upaya pembinaan kesiswaan, terbagi
menjadi 3 lingkup pembinaan yaitu :
- Program Pembinaan OSIS
- Program Pembinaan Ekstrakurkuler
- Program Unggulan Akademik dan Non Akademik.
A. PROGRAM
PEMBINAAN OSIS
1. Pengertian
Satu-satunya wadah organisasi siswa di sekolah untuk mencapai tujuan
pembinaan dan pengembangan kesiswaan adalah Organisasi Intra Sekolah disingkat
OSIS. OSIS bersifat intra sekolah, artinya tidak ada hubungan organisatoris
dengan OSIS di sekolah lain, dan tidak menjadi Bagian dari organisasi lain yang
ada di luar sekolah. Karena OSIS merupakan wadah organisasi siswa di sekolah.
Oleh karena itu setiap siswa secara otomatis menjadi anggota OSIS. Keanggotaan
itu secara otomatis berakhir dengan keluarnya siswa dari sekolah yang
bersangkutan.
2. Tujuan
Organisasi ini bertujuan mempersiapkan siswa sebagai kader penerus
cita-cita perjuangan bangsa dan sumber insani pembangunan nasional, untuk :
1.
Mengembangkan potensi siswa secara optimal dan terpadu
yg meliputi bakat, minat, dan kreativitas;
2.
Memantapkan kepribadian siswa untuk mewujudkan
ketahanan sekolah sebagai lingkungan pendidikan sehingga terhindar dariusaha
dan pengaruh negatif dan bertentangan dengan tujuan pendidikan;
3.
Mengaktualisasikan potensi siswa dalam pencapaian
prestasi unggulan sesuai bakat dan minat;
4.
Menyiapkan siswa agar menjadi warga masyarakat yang
berakhlak mulia, demokratis, menghormati hak-hak asasi manusia dalam rangka
mewujudkan masyarakat madani (civil society).
(Permendiknas
No 39 Tahun 2008, Bab I pasal 1)
3. Materi Pembinaan
Materi
pembinaan kesiswaan (OSIS) mencakup :
1.
Pembinaan ketaqwaan terhadap Tuhan yang Maha Esa
2.
Pembinaan Budi Luhur atau Akhlak Mulia
3.
Pembinaan Kepribadian Unggul, wawasan kebangsaan, dan bela negara
4.
Pembinaan Prestasi akademik,seni, dan/atau olahraga sesuai bakat dan minat
5. Pembinaan
Demokrasi, hak asasi manusia, pendidikan politik, lingkungan hidup,kepekaan dan
toleransi sosial dalam konteks masyarakat plural.
6.
Pembinaan kreativitas keterampilan dan kewiraswastaan
7. Pembinaan
kualitas jasmani ,kesehatan dan gizi berbasis sumber gizi yang
terdiversifikasi.
8.
Pembinaan sastra dan budaya.
9.
pembinaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK)
10. pembinaan komunikasi dalam bahasa inggris.
4. Perangkat OSIS
Perangkat OSIS terdiri dari :
1)
Pembina OSIS
2)
Perwakilan kelas
3)
Pengurus OSIS
4) Anggota
OSIS
5. Rincian dan tugas
Perangkat OSIS
a.
Pembina OSIS
Pembina OSIS bertanggung jawab atas seluruh pengelolaan, pembinaan dan
pengembangan OSIS di sekolah.
Rincian tugas
pembinan OSIS adalah :
a)
bertanggung jawab atas seluruh pembinaan dan pengembangan OSIS di
sekolah
b)
memberikan nasihat kepada perwakilan kelas dan pengurus.
c)
mengesahkan keanggotaan perwakilan kelas dengan surat keputusan kepala sekolah.
d)
Mengesahkan dan melantik pengurus OSIS denga surat keputusan kepala sekolah.
e)
Mengarahkan penyusunan anggaran rumah tangga dan program kerja OSIS.
f)
Menghadiri rapat-rapat OSIS
g) Mengadakan
evaluasi terhadap pelaksanaan tugas OSIS
b. Perwakilan
Kelas
a)
Perwakilan kelas terdiri atas wakil-wakil kelas. Setiap kelas diwakili
oleh 2 (dua) orang siswa.
b)
Perwakilan kelas bertugas memilih pengurus OSIS, mengajukan usul-usul
untuk dijadikan program kerja OSIS dan menilai laporan pertanggungjawaban
pengurus OSIS pada akhir masa jabatannya.
c)
Perwakilan kelas bertanggung jawab langsung kepada Pembina OSIS
d)
Masa jabatan perwakilan kelas selama 1 tahun ajaran.
e)
Rincian tugas perwakilan kelas adalah :
1)
mewakili kelasnya dalam rapat perwakilan kelas
2)
mengajukan usul kegiatan untuk dijadikan program kerja OSIS
3)
mengajukan calon pengurus OSIS berdasarkan hasil-hasil rapat kelas.
4)
Memilih pengurus OSIS dan daftar calon yang telah disiapkan.
5)
Menilai laporan pertanggungjawaban dan segala tugas pengurus Osis pada
akhir masa jabatannya.
6) Menyusun
Anggaran Rumah Tangga.
c. Pengurus
OSIS
Pengurus OSIS
terdiri atas :
seorang ketua dan dua orang wakil ketua
a) Seorang
sekretaris dan dua orang wakil sekretaris
b) Seorang
bendahara dan seorang wakil bendahara
c) Delapan
orang ketua seksi yaitu :
1.
Pembinaan
ketakwaan terhadap tuhan yang maha esa
2.
Pembinaan
kehidupan berbangsa dan bernegara
3. Pembinaan
kepribadian unggul, wawasan kebangsaan dan pendidikan bela
4.
Pembinaan
kepribadian dan budi pekerti luhur
5.
Pembinaan
berorganisasi, pendidikan politik dan kepemimpinan
6.
Pembinaan
kesegaran jasmani dan daya kreasi
7.
Apersepsi,
apresiasi dan kreasi seni
8.
Pembinaan
prestasi akademik
d. Pembinaan Seksi :
SEKSI PEMBINAAN KEIMANAN DAN
KETAQWAAN TERHADAP TUHAN YME, ANTARA LAIN:
1.
Melaksanakan peribadatan sesuai dengan ketentuan agama masing-masing.
2.
Memperingati hari-hari besar keagamaan;
3.
Melaksanakan perbuatan amaliah sesuai dengan norma agama;
4.
Membina toleransi kehidupan antar umat beragama;
5.
Mengadakan kegiatan lomba yang bernuansa keagamaan;
6.
Mengembangkan dan memberdayakan kegiatan keagamaan di sekolah.
Binaan
kegiatan Ekstrakurikuler : Kebaktian
SEKSI PEMBINAAN BUDI PEKERTI LUHUR
ATAU AKHLAK MULIA, ANTARA LAIN:
1.
Melaksanakan tata tertib dan kultur sekolah;
2.
Melaksanakan gotong royong dan kerja bakti (bakti sosial);
3.
Melaksanakan norma-norma yang berlaku dan tata krama pergaulan;
4.
Menumbuhkembangkan kesadaran utk rela berkorban terhadap sesame
5.
Menumbuhkembangkan sikap hormat dan menghargai warga sekolah
6.
Melaksanakan kegiatan 7K (keamanan, kebersihan, ketertiban,
keindahan, kekeluargaan, kedamaian, dan kerindangan)
Binaan
kegiatan Ekstrakurikuler : Paskibra, KIR, English Club, Sains Club,
Mandarin Club.
SEKSI PEMBINAAN KEPRIBADIAN UNGGUL, WAWASAN
KEBANGSAAN, DAN BELA NEGARA
1. Melaksanakan upacara
bendera pd hari senin dan/atau sabtu, serta hari2 besar nasional
2. Menyanyikan lagu-lagu
nasional (Mars & Hymne)
3. Melaksanakan kegiatan
kepramukaan
4. Mengunjungi dan
mempelajari tempat2 bernilai sejarah
5.
Mempelajari dan meneruskan nilai-nilai luhur,
kepeloporan, dan semangat perjuangan para pahlawan
6. Melaksanakan kegiatan bela
Negara
7. Menjaga dam menghormati
simbol2 dan lambang2 negara
Binaan
kegiatan Ekstrakurikuler : Napak Rimba, PKS
SEKSI PEMBINAAN PRESTASI AKADEMIK, SENI,
OLAHRAGA SESUAI DENGAN BAKAT DAN MINAT
1.
Mengadakan lomba mata pelajaran
2.
Menyelenggarakan kegiatan ilmiah
3.
Mengikuti kegiatan workshop, seminar, diskusi panel yang bernuansa iptek
4.
Mengadakan studi banding dan kunjungan (studi wisata) ke tempat-tempat
sumber belajar
5.
Mendesain dan memproduksi media pembelajaran
6.
Mengadakan pameran karya inovatif dan hasil penelitian
7.
Mengoptimalkan pemanfaatan perpustakaan sekolah
8.
Membentuk klub sains, seni, dan olahraga
9.
Menyelenggarakan festival dan lomba seni
10. Menyelenggarakan lomba dan
pertandingan olahraga
Binaan kegiatan ekstrakurikuler : Pramuka
SEKSI PEMBINAAN DEMOKRASI, HAK ASASI
MANUSIA, PENDIDIKAN POLITIK, LINGKUNGAN HIDUP, KEPEKAAN DAN TOLERANSI SOSIAL
DALAM KONTEKS MASYARAKAT PLURAL, ANTARA LAIN:
1.
Memantapkan dan mengembangkan peran siswa di dalam OSIS sesuai dengan
tugasnya masing-masing;
2.
Melaksanakan latihan kepemimpinan siswa;
3.
Melaksanakan kegiatan dengan prinsip kejujuran, transparan, dan
profesional;
4.
Melaksanakan kewajiban dan hak diri dan orang lain dalam pergaulan
masyarakat;
5.
Melaksanakan kegiatan kelompok belajar, diskusi, debat dan pidato;
6.
Melaksanakan kegiatan orientasi siswa baru yang bersifat akademik dan
pengenalan lingkungan tanpa kekerasan;
7.
Melaksanakan penghijauan dan perindangan lingkungan sekolah.
Binaan kegiatan Ekstrakurikuler : Jurnalis
SEKSI PEMBINAAN KREATIVITAS, KETERAMPILAN
DAN KEWIRAUSAHAAN, ANTARA LAIN:
1.
Meningkatkan kreativitas dan keterampilan dalam menciptakan suatu barang
menjadi lebih berguna;
2.
Meningkatkan kreativitas dan keterampilan di bidang barang dan jasa;
3.
Meningkatkan usaha koperasi siswa dan unit produksi;
4.
Melaksanakan praktek kerja nyata (PKN)/pengalaman kerja lapangan
(PKL)/praktek kerja industri (Prakerin);
5.
Meningkatkan kemampuan keterampilan siswa melalui sertifikasi kompetensi
siswa berkebutuhan khusus.
Binaan kegiatan Ekstrakurikuler : Koperasi Siswa
SEKSI PEMBINAAN KUALITAS JASMANI, KESEHATAN
DAN GIZI BERBASIS SUMBER GIZI YANG TERDIVERSIFIKASI, ANTARA LAIN:
1.
Melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat;
2.
Melaksanakan usaha kesehatan sekolah (UKS);
3.
Melaksanakan pencegahan penyalahgunaan narkotika, psikotropika, dan zat
adiktif (narkoba), minuman keras, merokok, dan HIV/AIDS;
4.
Meningkatkan kesehatan reproduksi remaja;
5.
Melaksanakan hidup aktif;
6.
Melakukan diversifikasi pangan;
7. Melaksanakan pengamanan
jajan anak sekolah.
SEKSI PEMBINAAN SASTRA DAN BUDAYA, ANTARA
LAIN:
1.
Mengembangkan wawasan dan keterampilan siswa di bidang sastra;
2.
Menyelenggarakan festival/lomba, sastra dan budaya;
3.
Meningkatkan daya cipta sastra;
4.
Meningkatkan apresiasi budaya.
Binaan
kegiatan Ekstrakurikuler : PMR, PSM 261, Tae Kwon Do, BKC, Basket,
Volley Ball, Sepak Bola, Silat.
SEKSI PEMBINAAN KOMUNIKASI DALAM BAHASA INGGRIS, ANTARA LAIN:
1.
Melaksanakan lomba debat dan pidato;
2.
Melaksanakan lomba menulis dan
korespondensi;
3.
Melaksanakan English Day;
4.
Melaksanakan kegiatan berceritera dalam
bahasa Inggris (Story Telling);
5. Melaksanakan
lomba puzzies words/scrabble.
e. Syarat
Pengurus OSIS
- Taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa
- Mermiliki budi pekerti luhur dan sopan santun terhadap orang tua, guru, dan teman
- Memiliki bakat sebagai pemimpin siswa
- Memiliki kemauan, kemampuan, dan pengetahuan yang memadai
- Dapat mengatur waktu dengan sebaik-baiknya,sehingga pelajarannnya tidak terganggu karena menjadi pengurus OSIS
- Pengurus dicalonkan oleh perwakilan kelas
- Khusus untuk ketua OSIS , ditambah persyaratan :
- Mempunyai kemampuan berpikir yang jernih
- Memiliki wawasan mengenai kondisi yang sedang dihadapi bangsanya.
- Tidak duduk di kelas terakhir, karena akan menghadapi ujian Nasional.
f.
Rincian Tugas Pengurus OSIS
- bertugas menyusun dan melaksanakan program kerja OSIS sesuai dengan AD ART
- menyampaikan laporan pertangungjawaban kepada rapat perwakilan kelas pada akhir masa jabatannya.
- Bertanggung jawab langsung kepada perwakilan kelas dan pembina OSIS.
- Mempunyai masa kerja selama satu tahun pelajaran.
g.
Anggota OSIS
1.
Anggota OSIS secara otomatis adalah siswa yang masih
aktif belajar pada sekolah yang bersangkutan
2.
Anggota OSIS tidak memerlukan kartu
anggota
3.
Keanggotan berakhir apabila siswa yang bersangklutan
tidak menjadi siswa lagi di sekolah tersebut, ata meninggal dunia
4.
Setiap anggota mempunyai hak :
(1) mendapat perlakuan yang
sama sesuai bakat, minat dan kemampuannya
(2) memilih dan dipilih
sebagai perwakilan kelas atau pengurus.
(3) Bicara secara lisa
maupun tertulis.
6.
Keuangan
Keuangan OSIS diperloleh dari
dana yang disediakan oleh sekolah, dan sumbangan yang tidak mengikat serta
usaha lain yang sah. Keuangan OSIS disimpan di Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang
Selatpanjang dengan nama rekening OSIS SMP Swasta Patria Dharma, dan
ditandatangani oleh 2 orang yaitu Wakasek Ur. Kesiswaan dan Ketua OSIS
7.
Forum Organisasi
a.
Rapat-rapat
1.
Rapat Pleno perwakilan kelas adalah rapat yang dihadiri
seluruh anggota perwakilan kelas. Rapat ini diadakan untuk :
a. persiapan
tatacara pemilihan ketua, seorang wakil ketua dan seorang sekretaris
b. pencalonan
pengurus OSIS
c. pemilihan
pengurus OSIS
d. penilaian
laporan peranggungjawaban pemgurus OSIS pada akhir masa jabatan.
Acara , waktu dan temnpat rapat
dikonsultasikan dengan pembina OSIS
2.
Rapat pengurus
a.
Rapat pleno pengurus adalah rapat yang dihadiri seluruh
anggota pleno pengurus OSIS
b.
Rapat pengurus harian adalah rapat pengurus yang
dihadiri oleh ketua, wakil ketua, sekretaris, bendahara dan wakil ketua,
sekretaris, bendahara dan wakil bendahara untyk membicarakan dan
mengkoordinasikan pelaksanaan pekerjaan sehari-hari.
c.
Rapat koordinasi adalah rapat yang dihadiri oleh sah
serang wakil ketua I, sekretaris, wakil sekretaris I, bendahara dan seksi I
sampai dengan seksi VIII.
8. Sasaran/Target
Pembinaan.
1.
Meningkatkan peran serta siswa dalam membina sekolah
sebagai wawasan wiyata mandala sehingga terhindar dari usaha dan pengaruh yang
bertentangan dengan kebudayaan nasional
2.
Menumbuhkan daya tangkal pada diri siswa terhadap
pengaruh negatf yang datang dari luar maupun dari dalam lingkungan sekolah.
3.
Mampu meningkatkan pelayanan pendidikan kepada siswa
melalui jalur pembinaan penyelamatan siswa dari bahaya perilaku menyimpang di
kalangan siswa dan jalur pemberdayaan potensi diri
B.
PROGRAM PEMBINAAN EKSTRAKURIKULER
- Pengertian Kegiatan Ekstra Kurikuler
Kegiatan
Ekstra Kurikuler adalah kegiatan pendidikan di luar jam pelajaran biasa yang
dilakukan di sekolah/luar sekolah untuk membantu pengembangan peserta
didik sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat,
dan minat mereka melalui kegiatan yang secara khusus diselenggarakan oleh
pendidik dan atau tenaga kependidikan yang berkemampuan dan berkewenangan di
sekolah/madrasah secara berkala dan terprogram.
1.
Visi dan Misi
a. Visi
Visi
kegiatan ekstra kurikuler adalah berkembangnya potensi, bakat dan minat secara
optimal, serta tumbuhnya kemandirian dan kebahagiaan peserta didik yang
berguna untuk diri sendiri, keluarga dan masyarakat.
b. Misi
1) Menyediakan sejumlah
kegiatan yang dapat dipilih oleh peserta didik sesuai
dengan kebutuhan, potensi, bakat, dan minat mereka.
2) Menyelenggarakan kegiatan yang memberikan
kesempatan peserta
didik mengespresikan diri secara bebas melalui kegiatan mandiri dan atau
kelompok.
2.
Tujuan Umum
Menunjang
pencapaian tujuan institusional dalam upaya pembentukan manusia Indonesia
seutuhnya berdasarkan Pancasila, yaitu :
a.
Manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang
Maha Esa dan berbudi pekerti luhur.
b.
Memiliki pengetahuan dan keterampilan
c.
Sehat jasmani dan rohani
d.
Kepribadian yang mantap dan mandiri
e.
Rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.
3.
Tujuan Khusus
a.
Memberikan pengayaan kepada siswa yang menyangkut aspek
pengetahuan, keterampilan dan sikap
untuk menjadi manusia seutuhnya.
b.
Menambah pengetahuan dan keterampilan kepada siswa
untuk memanfaatkan potensi lingkungan alam, lingkungan sosial dan lingkungan
budaya.
c.
Mengembangkan kemampuan siswa untuk memanfaatkan
kegiatan industri dan dunia usaha (kewiraswastaan)
d.
Mengembangkan keterampilan dan nilai-nilai kemanusiaan,
ketekunan, kerja keras dan disiplin melalui kegiatan ekstrakurikuler.
e.
Menanamkan kemampuan dan keterampilan melakukan
tindakan dan perilaku hidup sehat secara jasmani dan rohani.
f.
Menanamkan kemampuan meneliti dan mengembangkan daya
cipta untuk menemukan hal baru
g.
Menanamkan nilai-nilai gotong royong, kerjasama,
tanggungjawab dan disiplin melalui kegiatan koperasi sekolah
h.
Memberikan bekal kemampuan berorganisasi melalui
kegiatan di sekolah dan di luar sekolah.
i.
Memberikan bekal keterampilan praktis yang diperlukan
siswa untuk hidup di masyarakat, mencukupi kebutuhannya sendiri maupun membantu
kebutuhan orangtuanya.
j.
Menanamkan rasa cinta dan tanggung jawab dalam upaya
melestarikan lingkungan alam dan budaya
k.
Menanamkan budaya kerja dan etos kerja yang diperlukan
untuk pembangunan berkelanjutan
l.
Menanamkan dan menambah wawasan
kerohanian, mental dan agama untuk hidup dalam masyarakat, bangsa dan negara.
m. Memberikan
bekal kemampuan berbakti dan berpartisipasi dalam pembangunan daerah.
4.
Fungsi Kegiatan Ekstra Kurikuler
a. Pengembangan, yaitu fungsi kegiatan ekstra kurikuler
untuk mengembangkan kemampuan dan kreativitas
peserta didik sesuai dengan potensi, bakat dan minat mereka.
b. Sosial, yaitu
fungsi kegiatan ekstra kurikuler untuk mengembangkan kemampuan dan rasa
tanggung jawab sosial peserta didik.
c. Rekreatif,
yaitu fungsi kegiatan ekstra kurikuler untuk mengembangkan suasana rileks,
mengembirakan dan menyenangkan bagi peserta didik yang menunjang proses
perkembangan.
d. Persiapan karir,
yaitu fungsi kegiatan ekstra kurikuler untuk mengembangkan kesiapan karir
peserta didik.
5. Prinsip
Kegiatan Ekstra Kurikuler
a.
Individual, yaitu prinsip kegiatan ekstra
kurikuler yang sesuai dengan potensi, bakat dan minat peserta didik
masing-masing.
b.
Pilihan, yaitu prinsip kegiatan ekstra
kurikuler yang sesuai dengan keinginan dan diikuti secara sukarela peserta
didik.
c.
Keterlibatan aktif, yaitu prinsip kegiatan
ekstra kurikuler yang menuntut keikutsertaan peserta didik secara penuh
d.
Menyenangkan, yaitu prinsip kegiatan ekstra
kurikuler dalam suasana yang disukai dan
mengembirakan peserta didik.
e.
Etos kerja, yaitu prinsip kegiatan ekstra
kurikuler yang membangun semangat peserta didik untuk bekerja dengan baik dan
berhasil.
f.
Kemanfaatan sosial, yaitu prinsip kegiatan
ekstra kurikuler yang dilaksanakan untuk kepentingan masyarakat.
6. Bidang
dan Jenis Kegiatan Pembinaan
A. BIDANG OLAH RAGA
1) Sepak
Bola
2) Bola
Basket
3) Volley
Ball
4) Tenis
Meja
5) Bulu
tanagkis
6) Atletik
7) Takraw
8) Olah raga prestasi lainnya
B. BIDANG SENI
1) Seni Olah Vokal
2) Seni Teater
3) Seni Tradisional (
Seruling)dll
4) Seni Modern
C. BIDANG WAWASAN
KEBANGSAAN
1) Pasukan Pengibar
Bendera (Paskibra)
2) Pecinta Alam (Napak
Rimba)
3) Palang Merah
Remaja (PMR)
4) Pramuka
5) Kelompok Ilmah Remaja
(KIR)
6) Englsh Club
7) Mandarin Club
8) Sains Club
D. PEMBINAAN KETAQWAAN
TERHAYAP TUHAN YANG MAHA ESA
1)
Forum Muda Mudi Vihara Patria Dharma, Gabi, Kebaktian
E. PEMBINAAN
KETERAMPILAN DAN KEWIRAUSAHAAN
1) Koperasi Siswa
7. Peranan
dan Tugas Guru/Kepala Sekolah
Dalam kegiatan
ekstrakurikuler tugas guru antara lain memberikan rangsangan dan motivasi serta
arahan-arahan/pembinaan mulai dari persiapan, pelaksanaan, penilaian dan upaya
pengembangan.
Selama
kegiatan ekstrakurikuler berlangsung, peranan guru/kepala sekolah adalah
sebagai berikut :
a. Sebagai Motivator
Memberikan rangsangan dan
dorongan bagi siswa agar dapat mau melakukan sesuatu secara perorangan,
berpasangan, kelompok maupun menurut rombongan belajar (klasikal)
b. Sebagai fasilitator/tutor
Berperan memberikan materi dan
membantu kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa dalam melaksanakan kegiatan
ekstrakurikuler
c. Sebagai Dinamisator/akselelator
Mendorong aktifitas siswa agar
dapat melakukan kegiatan yang lebih banyak dan lebih bervariasi dari segi
kualitas dan kreatifitas siswa.
d. Sebagai konselor
Memberikan bimbingan dan menjadi nara sumber, tempat
berkonsultasi untuk kegiatan dari tahap persiapan, pelaksanaan, penilaian,
tidak lanjut dan pengembangannya
8.
Penyusunan Program Bimbingan Kegiatan
Ekstrakurikuler
Untuk menunjang kelancaran, efisiensi dan efektifitas bimbingan
kegiatan ekstrakurikuler perlu disusun program kegiatan bimbingan siswa.
Komponen yang perlu dimasukan dalam program ini meliputi kegiatan yang
dilaksanakan pada tahap persiapan, pelaksanaan, penilaian dan tindak lanjut
kegiatan ekstrakurikuler
9. Pembina Ekstrakurikuler
No.
|
Nama
|
Jabatan
|
Keterangan
|
1.
|
Eko Muriyanto
|
Wakasek Kesiswaan
|
|
2
|
Joko Mustofa, SE
|
Pembina Olahraga
|
|
3
|
Eko Sutrisno, S.Si
|
Pembina Sains
|
|
4
|
Wasi Suryani, A.Md
|
Pembina KIR
|
|
5
|
Hendra Nurdin, S.Pd
|
Pembina English Club
|
|
6
|
Hartono
|
Pembina English Club
|
|
7
|
Eni Caturini, S.Pi
|
Pembina Sains
|
|
8
|
Umiyaningsih, S.Ag
|
Pembina Seni, Kebaktian
|
|
9
|
Tri Susilo
|
Pembina Seni
|
|
10
|
Amran Asmanto
|
Pembina Mandarin Club
|
|
11
|
Jazilah, S.Si
|
Pembina Sains, Olahraga
|
|
12
|
Supinah
|
Pembina Mandarin Club
|
|
13
|
Edi Sukimo
|
Pembina Mandarin Club
|
|
C.
PROGRAM UNGGULAN AKADEMIK DAN NON AKADEMIK
- Pengertian
Program
Unggulan adalah program kegiatan kesiswaan yang merupakan program prioritas
sekolah dengan fokus :
a.
Tercapainya sumber daya manusia yang kreatif, inovatif
dengan ketangguhan intelektual dan kekuatan moral.
b.
Adanya perubahan dari siswa pasif menjadi siswa aktif
c.
Memiliki keunggulan prestasi akademik dan atau non
akademik untuk bidang tertentu sebagai bukti pertanggungjawaban keberhasilan
pendidikan kepada masyarakat.
d.
Mampu berprestasi dalam kegiatan Olimpiade/Lomba Cepat
Tepat/Porseni/Porpelajar di tingkat Kota/Provinsi dan Tingkat Nasional
- Sasaran Pembinaan
Sasaran
pembinaan adalah seluruh siswa kelas VII, VIII dan IX dengan pengaturan sebagai
berikut :
a.
Kelas VII (setiap hari Sabtu)
Program
unggulan akademik yaitu Fisika,Kimia,Biologi,Matematika,TIK
b.
kelas VIII IPA dan IPS (terintegrasi mulai hari Senin
s.d. Sabtu dalam PBM)
Program
Unggulan Akademik yaitu Fisika, Kimia, Biologi, matematika, TIK, Bahasa Inggris
dan Ekonomi Akuntansi untuk Jurusan IPS
c.
Kelas IX IPA dan IPS(terintegrasi mulai hari Senin s.d.
Sabtu dalam PBM)
Program
Unggulan Akademik yaitu Fisika, Kimia, Biologi, matematika, TIK, Bahasa Inggris
dan Ekonomi Akuntansi untuk Jurusan IPS
3.
Rincian Tugas
3.1. Tim TPK
a. Bertanggung
jawab atas keseluruhan program unggulan mulai dari tahap persiapan, pelaksanaan
dan evaluasi.
b. Merencanakan
program sesuai dengan kebutuhan sekolah (School Based Plan)
c. Melakukan
analisis kebutuhan untuk dijadikan dasar untuk membuat rencana peningkatan mutu
melalui program unggulan.
d. Mengarahkan
dan membimbing seluruh tim KTSP, koordinator pelaksana, pembina dan pelatih
dalam pelaksanaan program unggulan.
e. Mengevaluasi
seluruh kegiatan program unggulan.
3.2. Koordinator program Unggulan.
a. Mengelola
seluruh kegiatan bidang unggulan baik akademis dan non akademis
b. Memonitor
secara keseluruhan bidang unggulan
c. Membuat
laporan pelaksanaan kepada pihak ketua
d. Mengkoordinasikan
seluruh bidang unggulan baik secara vertical atau horizontal.
e. Melakukan
evaluasi program
3.3. Pembina/Pelatih
a. Membuat
program kerja perbidang unggulan
b. Membina/melatih
siswa sesuai dengan target yang harus di capai.
c. Mengelola
proses belajar mengajar baik di dalam kelas atau di luar kelas.
d. Membuat
laporan kegiatan pelaksanaan secara berkala kepada koordinator bidang akademis
atau non akademis
e. Menata
kelengkapan bidang unggulan.
f. Melalukan
evaluasi internal
g. Merekapitulasi
kemajuan siswa secara individual
h. Menyiapkan
kelengkapan setiap program unggulan
4. Pelaksana
Kegiatan
Pelaksana kegiatan Program Unggulan terdiri atas :
a.
Pembina/Pelatih
Pembina
yaitu guru SMP Swasta Patria Dharma Selatpanjang yang secara formal ditunjuk
berdasaran Surat Keputusan kepala Sekolah SMP Swasta 8 Patria Dharma
Selatpanjang
Pelatih
yaitu guru atau seseorang yang mempunyai keahlian dalam bidang tugas akademik
atau non akademik
5.
Mekanisme Kegiatan
5.1. Tempat
Penyelenggaran
Program Unggulan ini diselenggarakan di SMP
Swasta Patria Dharma Selatpanjang, dengan mempergnakan tempat sebagai berikut :
No.
|
Program
Unggulan
|
Lokasi
|
Keterangan
|
A. Akademik
|
|||
1.
|
Biologi
|
Laboratorium Biologi
|
|
2.
|
Fisika
|
Laboratorium Fisika
|
|
3.
|
Kimia
|
Laboratorium Kimia
|
|
4.
|
Matematika
|
Ruang kelas
|
|
5.
|
TIK
|
Laboratorium Komputer
|
|
6.
|
Bahasa Inggris
|
Ruang kelas
|
Terintegrasi dalam kegiatan PBM
|
B. Non Akademik
|
|||
1.
|
Bola Volley
|
Lapangan SMP Patria Dharma
|
|
2.
|
Sepak Bola
|
Lapangan
|
|
3.
|
Basket Ball
|
Lapangan SMP Patria Dharma
|
|
6.
|
SeniTradisional/Modern/Teater/Band
|
Pentas/Aula SMP Patria Dharma
|
|
5.2. Waktu Pelaksanaan
Program
unggulan dilaksanakan dengan pengaturan sebagai berikut :
a. Program
Akademik
1)
Untuk siswa kelas VII dilaksanakan setiap hari Sabtu mulai pukul 07.00
s.d. 10.00.
2)
Untuk siswa kelas VIII, IX dilaksanakan sesuai dengan jadwal pelajaran (terintegrasi dalam kegiatan Intrakurikuler)
b. Program
Non Akademik
Dilaksanakan
diluar jam pelajaran biasa mulai pukul; 14. s.d 16.15
(sesuai dengan jadwal Ekstrakurikuler yang telah disepakati bersama:
ketua-ketu ekstra, osis dan pihak sekolah terlampir).
5.3. Pola Pendekatan dan Sistem Penyajian
Pola
pendekatan dan sisem penyajian disesuaikan dengan situasi kelas yang terpenting
siswa dimotivasi untuk aktif, kreatif, inovatif.
5.4. Pelaksanaan
a. Tahap Persiapan
Pada
tahap ini dilakukakan sosialisasi terhadap guru dan staf tata usaha, komite
sekolah dan orang tua murid. Sosialsisasi dilakukan oleh bagian kesiswaan dan
Staf BK
b. Tahap
pelaksanaan Program
Dilaksanakan
mulai awal semester ganjil . Pelaksanaan pembinaan dilakukann oleh Guru mata
pelajarann/Pembina Ekstrakurikuler/Pelatih dan BK sebagai pelayan konseling
c. Tahap Evaluasi
Tahap ini dilakukan 2 kali dalam 1 semester yaitu
diakhir bulan Oktober dan awal bulan Januari pada semester ganjil. Dan
akhir bulan Maret dan akhir bulan Mei pada semester genap. Tahapan inibertujuan
untuk melihat sampai sejauh mana program kegiatan terlampaui.
BAB III
PENUTUP
Demikian Program Kerja
Pembinaan Kesiswaan yang merupakan upaya program Pengembangan Potensi Diri
Siswa di SMP Swsata Patria Dharma Selatpanjang tahun pelajaran 2009/2010 dengan
harapan dapat terlaksana sesuai dengan tujuan dan target yang diharapkan.
Program Kerja ini tidak
mungkin bisa terlaksana tanpa adanya dukungan dari semua pihak. Oleh karena itu
upaya pemahaman terhadap program kerja ini dapat diupayakan secara maksimal
demi terwujudnya Visi dan Misi SMP Swsata Patria Dharma Selatpanjang