Tidak ada dua orang yang belajar dengan cara yang sama, dan
ada sedikit keraguan bahwa cara untuk satu orang mungkin tidak efektif bagi
orang lain. Namun, ada beberapa teknik umum yang tampaknya menghasilkan hasil
yang baik. Akan sangat menarik jika belajar itu tidak di anggap bekerja tetapi
kesenangan.
Beberapa siswa, belajar dan termotivasi untuk belajar datang
secara alami. Jika anda membaca halaman ini, kemungkinan bahwa Anda bukan salah
satu dari mereka, tetapi jangan putus asa, ada harapan! Keberhasilan Anda di
sekolah dan perguruan tinggi tergantung pada kemampuan Anda untuk belajar
secara efektif dan efisien. Ini hidup Anda, waktu Anda, dan masa depan Anda.
Waktu sangat berharga dan jangan di sia-siakan.
Panduan cara belajar efektif ini dirancang untuk membantu Anda
mengembangkan kemampuan belajar yang efektif. Mempelajari suatu bahan
membutuhkan kerja! Namun, dengan menggunakan teknik yang dijelaskan dalam
panduan ini, dan dengan menerapkan diri sendiri, Anda dapat memperoleh
keunggulan yang berharga dalam bahan pemahaman, mempersiapkan tes, dan,
akhirnya, belajar. Panduan ini berisi beberapa teknik terbaik dan paling
efektif untuk siswa sukses – siswa yang biasanya memiliki nilai tinggi di
sekolah terlepas dari mata kuliah yang mereka ambil. Jadi
baca terus, berpikir tentang apa yang Anda baca, dan mempersiapkan diri untuk
menjadi siswa yang sukses!
Mengatur Jadwal
Bahkan sebelum Anda mulai berpikir tentang proses belajar,
Anda harus mengembangkan jadwal. Jika Anda tidak memiliki jadwal atau rencana
untuk belajar, maka Anda tidak akan memiliki cara mengalokasikan waktu berharga
Anda ketika hal tak terduga muncul. Seorang yang baik, dipikirkan dengan baik
jadwal tepat. Semua jadwal harus dibuat dengan gagasan bahwa mereka dapat
direvisi. Sebuah jadwal harus mempertimbangkan setiap kelas, laboratorium,
kuliah, acara sosial, dan pekerjaan lain di mana Anda terlibat.
Belajar untuk program pembacaan
Untuk kelas yang membutuhkan bacaan, seperti bahasa asing,
pastikan untuk menjadwalkan waktu studi sebelum kelas. Gunakan waktu untuk
berlatih. Kadang-kadang, praktek dengan orang lain dapat membantu mempertajam
keterampilan Anda dalam jangka waktu belajar sebelum kelas.
Tempat Yang Tepat Untuk belajar
Anda bisa belajar di mana saja. Jelas, beberapa tempat lebih
baik daripada yang lain adalah Perpustakaan atau kamar pribadi yang terbaik.
Yang terpenting tempat Anda memilih untuk belajar tidak boleh mengganggu.
Keterampilan berpikir
Setiap orang memiliki kemampuan berpikir, tetapi gunakan
sedikit secara efektif. keterampilan berpikir yang efektif tidak dapat
dipelajari, tetapi harus dibangun selama jangka waktu tertentu. pemikir Bagus
melihat kemungkinan di mana orang lain hanya melihat mati-berakhir. Jika Anda
bukan seorang pemikir yang baik, mulai sekarang dengan mengembangkan kebiasaan
yang membuat Anda mengajukan pertanyaan diri Anda baca. Bicaralah dengan siswa
lain yang Anda merasa adalah pemikir yang baik. Tanyakan kepada mereka apa yang
mereka lakukan ketika mereka berpikir kritis atau kreatif. Sering kali, Anda
dapat mengambil informasi berharga untuk membantu Anda menjadi seorang pemikir
yang lebih baik.
Ajukan Pertanyaan
Mengajukan pertanyaan untuk belajar. Hal-hal penting untuk
belajar biasanya jawaban atas pertanyaan. Pertanyaan harus mengarah pada
penekanan pada apa, mengapa, bagaimana, kapan, siapa dan di mana isi studi.
Ajukan pertanyaan diri Anda membaca atau belajar. Ketika Anda menjawab mereka,
Anda akan membantu untuk memahami materi dan ingat lebih mudah karena prosesnya
akan membuat kesan pada Anda. Hal-hal yang membuat tayangan yang lebih berarti,
dan karena itu lebih mudah diingat. Jangan takut untuk menulis pertanyaan Anda
di margin buku teks, pada catatan kuliah, atau di mana pun itu masuk akal.
Membaca
Sebuah cara utama dengan mana Anda mendapatkan informasi
adalah melalui membaca. Di perguruan tinggi Anda diharapkan untuk membaca lebih
banyak daripada di sekolah tinggi. Jangan berasumsi hanya karena Anda telah
“membaca” tugas yang adalah akhir dari itu. Anda harus belajar untuk membaca
dengan tujuan. Dalam mempelajari, Anda dapat membaca tugas yang sama tiga atau
empat kali, setiap kali dengan tujuan yang berbeda. Anda harus tahu sebelum
Anda mulai membaca apa tujuan Anda adalah, dan membaca. Membaca TIDAK
menjalankan mata Anda melalui buku pelajaran. Ketika Anda membaca, membaca
aktif. Baca untuk menjawab pertanyaan Anda bertanya pada diri sendiri atau
pertanyaan instruktur atau penulis telah meminta. Selalu waspada untuk mencetak
tebal atau dicetak miring. Para penulis bermaksud bahwa bahan ini mendapat
penekanan khusus. Juga, ketika Anda membaca, pastikan untuk membaca semuanya,
termasuk tabel, grafik dan ilustrasi. Sering kali tabel, grafik dan ilustrasi
dapat menyampaikan ide lebih kuat daripada teks tertulis.
Ucapkan
Ketika Anda membaca, Anda berhenti membaca secara berkala
untuk mengingat apa yang Anda baca. Cobalah untuk mengingat judul utama,
ide-ide penting dari konsep yang disajikan dalam huruf tebal atau huruf miring,
dan apa grafik, diagram atau ilustrasi menunjukkan. Cobalah untuk mengembangkan
konsep keseluruhan apa yang telah Anda baca dalam kata-kata Anda sendiri dan
pikiran. Cobalah untuk terhubung hal-hal yang baru saja Anda baca untuk hal-hal
yang sudah tahu. Ketika Anda melakukan ini secara berkala, maka kemungkinan
Anda akan mengingat lebih banyak dan bisa mengingat bahan untuk makalah, esai
dan tes obyektif.
Review
review adalah survei dari apa yang telah tertutup. Ini adalah
review dari apa yang seharusnya Anda capai, bukan apa yang akan Anda lakukan.
Membaca ulang adalah bagian penting dari proses pemeriksaan. Membaca kembali
dengan gagasan bahwa Anda mengukur apa yang telah Anda diperoleh dari proses
tersebut. Selama pemeriksaan, ini saat yang baik untuk pergi lebih dari catatan
anda telah diambil untuk membantu menjelaskan poin Anda mungkin telah terjawab
atau tidak mengerti. Waktu terbaik untuk meninjau adalah ketika Anda baru saja
selesai mempelajari sesuatu. Jangan tunggu sampai sebelum pemeriksaan untuk
memulai proses pemeriksaan. Sebelum pemeriksaan, melakukan review akhir. Jika
Anda mengatur waktu Anda, review akhir dapat dianggap sebagai “fine-tuning”
pengetahuan Anda tentang bahan tersebut. Ribuan sekolah menengah dan mahasiswa
telah mengikuti langkah-langkah SQ3R untuk mencapai nilai yang lebih tinggi
dengan lebih sedikit stres
Mencatat
Seperti membaca, mencatat adalah keterampilan yang harus
dipelajari dan disempurnakan. Hampir selalu, mencatat, atau kurangnya, adalah
kekurangan konstan dalam metode studi banyak sekolah menengah dan mahasiswa.
Belajar bahan catatan baik mengambil agak mudah, menerapkannya untuk situasi
Anda sendiri tergantung pada seberapa serius Anda menjadi seorang mahasiswa
yang sukses. Anda harus belajar untuk mencatat secara logis dan terbaca.
Pertama-tama, jangan menggarisbawahi. Gunakan stabilo.
Pengalaman menunjukkan bahwa bagian-bagian teks yang disorot lebih mudah
diingat daripada bagian yang sama digarisbawahi. Dalam menjelaskan teks, jangan
hanya membaca bersama dan menyoroti apa yang tampaknya kata-kata penting.
teknik itu jarang bekerja. Tindakan menguraikan bekerja jauh lebih baik.